Hubungi Kami +62 81340048615
AMIKA Soppeng Bersiap Hadapi New Normal Life di Dunia Kampus

AMIKA Soppeng Bersiap Hadapi New Normal Life di Dunia Kampus

27 May 2020 17:40:06 Admin AMIK-LP Berita Dilihat: 445

Dalam menghadapi era new normal life atau sesuatu yang tidak biasa dihadapi karena adanya pandemi COVID-19, membuat dunia pendidikan menghadapi dilema khususnya dalam sistem pembelajaran, peralihan dari tradisional menjadi digitalisasi.

Semenjak Presiden Joko Widodo mengumumkan untuk melakukan segala kegiatan di rumah atau Work From Home (WFH) dan Study From Home (SFH), kebijakan pendidikan dalam masa pandemi membuat instansi pendidikan baik dari tingkat dasar hingga perkuliahan harus bergerak cepat dalam memulai pembelajaran digital atau e-learning

Kondisi tersebut mau tidak mau harus mengubah kebiasaan mahasiswa yang biasanya aktif sesuai dengan target perkuliahan menjadi cenderung menghabiskan waktu berselancar di dunia maya.

Namun demikian, Kampus AMIK Lamappapoleonro Soppeng masih menunggu panduan regulasi dari Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) secara resmi.

“Kita masih menunggu panduan dari Kemendikbud terkait pola tata kehidupan baru (new normal life) dalam dunia pendidikan,” kata Zul Rachmat, S.Kom., M.M. selaku Direktur AMIK Lamappapoleonro Soppeng, Selasa (26/5/2020) siang.

“Pada prinsipnya kita telah lama melaksanakan protokol kesehatan yang dianjurkan oleh Pemerintah, pembelajaran di kampus juga sudah lama mengkolaborasikan sistem online dan konvensional, selain itu tentunya kita tetap harus menunggu penyampaian resmi dari Kemendikbud terkait regulasi, prosedur dan variabel yang harus kampus persiapkan” ungkapnya.

Dia menyebutkan variabel tersebut diantaranya, sistem layanan akademik online, e-office, sarana cuci tangan, masker, dan alat kebersihan lainnya. “Dan yang penting adalah literasi dan kesiapan SDM dosen dan tenaga pendidik untuk menyambut new normal,” tegasnya.

Kita harus mengadaptasikan diri menghadapi era baru yang disebut-sebut sebagai new normal life. Setiap individu harus mempersiapkan fisik dan mental dalam menghadapi pandemi virus Corona (Covid-19) yang menghantam peradaban umat manusia. Banyak pola hidup dan kebiasaan berubah seketika. Salah satunya disiplin menerapkan protokol kesehatan. Secara otomatis masyarakat nantinya akan ikut terbawa menyesuaikan dengan tuntutan-tuntutan new normal life tersebut. Seperti hidup yang lebih bersih dan hidup yang terbiasa menggunakan masker.